Cari Blog Ini

Jumat, 29 Oktober 2010

10 Alasan Menjadi Vegetarian

1.Kesehatan Anda:Mencegah penyakit.Mengkonsumsi daging dapat dihubungkan dengan penyakit kanker,serangan jantung,diabetes,hipertensi osteoporosis, batu ginjal dan lain-lain. Dengan menghilangkan daging dari menu diet,Anda berarti selangkah lebih maju dalam hidup sehat dan kebahagiaan.
2.Meningkatkan energi dan daya tahan tubuh : diet vegetarian dapat meningkatkan stamina,konsentrasi dan merasa lebih baik.Dalam sebuah penelitian,atlet yang menjalani diet vegetarian mendapatkan 3 kali lebih banyak daripada atlet yang tidak menjalankan diet vegetarian.
3.Menghindari racun pada makanan:Daging-dagingan banyak berisi racun berbahaya dan kontaminan lain seperti hormon,herbisida,pestisida dan antibiotik.Karena semua racun ini larut dalam lemak,mereka terkumpul pada daging lemak hewan.Ini belum termasuk virus,bakteri dan parasit seperti salmonela,trichinella dan berbagai macam cacing dan parasit toksoplasmosis.
4.Manusia didesain sebagai vegetarian:Gigi seri kita sangat sempurna untuk menggiling gandum dan sayuran,bukan untuk merobek daging hewan.Demikian juga dengan tangan kita yang didesain untuk mengumpulkan,bukan menyobek daging.Air ludah kita terdiri dari enzim alpha-amilase,yang fungsinya adalah untuk mencerna karbohidrat kompleks pada tumbuhan(sayuran).Enzim ini tidak ditemukan pada air ludah hewan pemakan daging.Pada dasarnya kita semua mempunyai alat-alat yang tepat untuk mengkonsumsi produk vegetarian,dan tidak ada alat untuk daging.
5.Peduli lingkungan:Penggunaan hewan sebagai makanan secara tidak benar,kita sebenarnya sedang membunuh planet kita sendiri.Peningkatan pembunuhan hewan untuk dimakan telah menghasilkan kehancuran sumber daya kita yang berharga.Salah satu contohnya adalah konsekuensi dari penjarahan tanah ladang kita untuk menggemukkan hewan ternak.Lebih dari 4 juta hektar lahan hilang setiap tahun.
6.Membantu mengurangi kelaparan:Setiap hari 40 ribu anak mati kelaparan.Menurut Statistik Departemen Pertanian,satu hektar tanah dapat menghasilkan 20 ribu pound kentang.Bila tanah tersebut digunakan untuk mengembangbiakan sapi,dapat memproduksi 165 pound daging sapi.
7.Menjadi pribadi yang damai:Ketika kita mengkonsumsi daging hewan,berarti kita membunuh makhluk lain.Konsumsi daging telah dibuktikan secara ilmiah berhubungan dengan kekerasan dan perilaku agresif.
8.Mempunyai rasa sayang terhadap binatang:Binatang yang dibesarkan untuk dimakan semestinya tidak perlu mengalami penderitaan antara hidup dan mati.Banyak orang tidak mencoba membayangkan bagaimana rasanya menjadi hewan yang dagingnya akan menjadi hamburger ataupun makan malam mereka.Tapi jika itu adalah hal yang tidak enak untuk dibayangkan,coba saja anggap seperti apa jika kita mempunyai pengalaman seperti itu.
9.Vegetarian lebih moralis dan etis:Setelah mengetahui konsekuensi-konsekuesi makan daging secara individual,sosial dan ekologis,maka kita bisa berpikir sebagai makhluk yang baik kita seharusnya memilih hidup sebagai seorang vegetarian.
10.Hewan adalah milik Tuhan dan mempunyai hak untuk hidup:Kehidupan yang ada ditubuh hewan tidak diciptakan untuk kita cederai dan eksploitasi.Kita seharusnya bertindak sebagai pelindung dan pemelihara binatang dan planet,bukan pengeksploitasi dan pembunuh.Banyak agama-agama,termasuk Buddha,Hindu,Seven Day Adventists,Mormon,dan Jainist mengajarkan bahwa makan daging binatang adalah suatu kesalahan.So let's go vegetarian.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar